Topik Disiplin Positif
Modul
1: Bolehkah Memaksa
1. Menurut Diane Gossen, ada tiga alasan manusia dalam berperilaku. Berikut ini, manakah yang BUKAN merupakan alasan manusia dalam berperilaku?
Jawaban: Mendapatkan
kebahagiaan
2. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru agar murid-muridnya memiliki disiplin diri adalah...
Jawaban: Berdiskusi
secara terbuka dengan murid bagaimana mereka bisa memperbaiki kesalahan yang
mereka buat
3. Manakah pilihan di bawah ini yang merupakan contoh perilaku memaksa oleh guru ke murid?
Jawaban: Mengurangi
nilai sebesar 10 poin untuk keterlambatan pengumpulan tugas
4. Perilaku memaksa TIDAK efektif untuk melatih murid untuk disiplin, karena...
Jawaban: Bersifat
eksternal
5. Pada suatu hari, laptop Bapak Ahmad rusak dan ia belum sempat memperbaikinya. Padahal, hari tersebut ia menjadi pembicara dalam sebuah webinar. Lalu, ia meminjam laptop ke Ibu Ani. Sebetulnya Ibu Ani memerlukan laptopnya untuk menyelesaikan pekerjaan yang harus dikumpulkan pada hari tersebut. Namun, karena ia merasa berhutang budi kepada Pak Ahmad, pada akhirnya ia tetap meminjamkan laptopnya ke Pak Ahmad. Manakah yang merupakan alasan Ibu Ani dalam berperilaku?
Jawaban: Menjadi
orang yang diinginkan.
6. Simak percakapan berikut ini.
“Kalau sudah besar
kamu ingin menjadi apa, Nadia?”
“Aku ingin menjadi
dokter, karena aku ingin membahagiakan orang tuaku.”
Alasan Nadia untuk
menjadi dokter merupakan contoh dari...
Jawaban:
Menjadi orang yang diinginkan
7. Sebagai pendidik, kita sebaiknya menerapkan cara-cara yang dapat membantu murid menjadi termotivasi secara internal. Manakah yang BUKAN merupakan contoh dari membantu murid menjadi termotivasi secara internal?
Jawaban: Memberi
semangat kepada murid dengan kata-kata positif
8. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu murid untuk berperilaku dengan alasan menjadi orang yang didambakan, KECUALI...
Jawaban: Apa
pendapat orang tentang dirimu pada saat kamu melakukan itu?
9. Andi selalu menjadi wakil sekolah dalam kegiatan olimpiade sains. Dia memang sangat menyukai pelajaran IPA dan selalu mendapatkan nilai hampir sempurna di rapor. Manakah alasan berikut ini yang bisa membuat Andi senantiasa bersemangat secara internal dalam belajar dan mengikuti olimpiade sains?
Jawaban: Mewujudkan
cita-citanya menjadi seorang ilmuwan yang berguna bagi masyarakat
10. Sejak kecil, Rian sudah terbiasa untuk belajar secara mandiri. Ada orang tuanya atau tidak, ia tetap belajar sesuai dengan waktu yang sudah ia tetapkan sendiri. Ia sudah memiliki motivasi internal dalam belajar. Motivasi internal efektif untuk menjaga diri kita untuk tetap disiplin, karena...
Jawaban: Semua
jawaban benar
0 Komentar