Kunci Jawaban Post Test Topik Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka
Modul 2: Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah
1.
Saat
sedang melakukan eksperimen di laboratorium biologi dan mencatat macam-macam
organel sel, seorang peserta didik menyatakan kebingungannya terhadap perbedaan
antara organel sel tumbuhan dengan organel sel hewan. Oleh karena itu, peserta
didik tersebut pun memotret hasil observasi mikroskopnya agar bisa ia tanyakan
secara langsung kepada gurunya.
Peserta didik tersebut
sudah dapat menunjukkan penerapan pertanyaan refleksi …
Jawaban: Bagaimana supaya saya
bisa mengerti?
2.
Langkah
problem-solving di mana kita mencoba untuk menuliskan sebanyak mungkin solusi
yang mungkin bisa dipraktikkan dinamakan …
Jawaban: Menggagas
alternatif solusi
3.
Seorang
guru sejarah sedang mengajar mengenai G30S PKI di kelasnya. Beliau mencoba
untuk merancang pembelajaran dengan menayangkan sebuah film dokumenter yang
diceritakan dari sisi para perwira militer.
Kemudian, beliau juga
menampilkan sebuah video wawancara dari anak-anak yang orangtuanya dibunuh
karena dianggap sebagai pendukung PKI. Berikutnya, guru tersebut pun membuka
diskusi agar para peserta didik dapat membahas pengalaman-pengalaman berbeda
dari kedua sisi terhadap sebuah peristiwa yang sama.
Disiplin berpikir kritis
yang sedang ingin dilatih oleh guru tersebut di dalam kelasnya adalah …
Jawaban: Terbuka
terhadap sudut pandang lain
4.
Seorang
peserta didik datang ke guru BK di sekolahnya untuk melakukan konseling
mengenai hambatan belajarnya dalam mata pelajaran kimia. Untuk membimbingnya
lebih lanjut, guru BK tersebut mencoba untuk membuat beberapa pertanyaan agar
peserta didik tersebut dapat mengenali stimulus apa saja yang membuat dirinya
giat atau terhambat. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan
pertama kali untuk menggali proses belajar dari peserta didik tersebut, kecuali
…
0 Komentar