Topik
Profil Pelajar Pancasila
Modul 3: Dimensi Berkebinekaan Global
1. Berikut ini merupakan elemen-elemen dari dimensi Berkebinekaan Global, kecuali...
Jawaban: Menghormati keanekaragaman budaya
2. Anak-anak sejak kecil perlu diperkenalkan dengan budaya di mana ia hidup agar menghargai dan menghormati budayanya. Berikut ini manakah cara yang paling tepat dilakukan guru untuk mengenalkan dan menghargai budaya kepada anak?
Jawaban: Memberikan tugas mewawancarai orang di sekitarnya tentang asal-usul budaya/kebiasaan masyarakat.
3. 1) Berkomunikasi antarbudaya
2) Menghilangkan stereotipe dan prasangka
3) Menimbang dan menumbuhkan berbagai perspektif
4) Menyelaraskan perbedaan budaya
Dari pilihan di atas, manakah yang merupakan sub-elemen dari elemen komunikasi dan interaksi budaya...
Jawaban: 2 dan 3
4. Satya mempunyai banyak sekali teman dengan latar belakang yang berbeda-beda. Ia sering melihat kebiasaan temannya yang berbeda dengan dirinya. Tak jarang ia berbeda pendapat dengan temannya hingga membuatnya kesal dan menganggapnya kurang baik.
Sebagai guru, apa yang harus dilakukan agar Satya dapat belajar dari pengalaman kebinekaannya?
Jawaban: Mengajak Satya merefleksikan pengalamannya dengan pertanyaan-pertanyaan yg tepat.
5. Berikut ini manakah yang merupakan contoh perilaku yang mencerminkan elemen berkeadilan sosial...
Jawaban: Murid diberikan kesempatan mengungkapkan pendapat dan suaranya.
Baca juga soal & kunci jawaban Topik Profil Pelajar Pancasila lainnya:
- Soal & Kunci jawaban Modul 1 : Apa dan mengapa profil pelajar Pancasila
- Soal & Kunci jawaban Modul 2 : Dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
- Soal & Kunci jawaban Modul 3 : Dimensi berkebinekaan global
- Soal & Kunci jawaban Modul 4 : Dimensi bergotong royong
- Soal & Kunci jawaban Modul 5 : Dimensi mandiri
- Soal & Kunci jawaban Modul 6 : Dimensi bernalar kritis
- Soal & Kunci jawaban Modul 7 : Dimensi kreatif
- Soal & Kunci jawaban Modul 8 : Profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran
0 Komentar